Kamis, 06 November 2008

Membeli Rumah Dan Hal-Hal Yang Perlu Dicermati

Komplek perumahan kini bertebaran dimana mana.Belum tentu kondisi lokasinya semuanya baik. Untuk itu kita harus hati-hati . Rumah seperti apa yang kita butuhkan ,kita sendiri yang paling tahu.Jangan sampai kita memilih karena tergiur oleh iming-iming pengusaha developer.
Pertimbangan utama adalah lokasinya.Pertimbangan lokasi ini sangat penting karena akan menyangkut perkembangan di masa depan. Caranya adalah,kita amati apakah disekitar lokasi perumahan banyak komplek-komplek perumahan yang lain.Apabila ada ,maka dapat dipastikan daerah tersebut perkembangan masa depannya baik,dan otomatis sarana umummya akan lengkap.Untuk kepastiannya kita bisa menghubungi dinas terkait untuk menanyakan rencana pengembangan daerah tersebut menurut masterplan daerah.
Disamping itu, apakah lokasi tersebut daerah banjir atau tidak.Untuk masalah ini kita bisa survey mencari informasi bertanya pada penduduk disekitar lingkungan.Seberapa tinggi air maximal ketika banjir.Ketinggian lantai rumah yang kita pilih terhadap jalan didepannya harus apakah aman dari banjir.Ketinggian lantai makin tinggi makin baik. Perhatikan juga saluran lingkungan dapat berfungsi dengan baik apa tidak.Lay out tata letak bangunan juga harus mendapat perhatian. Lebar jalan lingkungan depan rumah apakah cukup untuk bersimpangan dua buah mobil.Sehingga tamu kita bisa memarkirkan mobilnya,walaupun rumah kita tidak punya halaman.
Track record pengembangnya pun perlu dipertanyakan.Kita lihat hasil karyanya ditempat lain.Reputasinya bisa kita jadikan pegangan,apalagi kalau kita membeli secara kredit.Kejujuran dan keterbukaan mereka sangat kita perlukan.
Kalau lokasi dan pengembangnya kita sudah cocog,pertimbangan selanjutnya adalah apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas bangunan.Kalau kita mengerti tentang bangunan,kita bisa memeriksa sendiri kualitas bangunan.Tetapi kalau kita merasa bahwa ini bukan bidang kita,sebaiknya kita mengajak seseorang yang mengerti untuk menilai kualitas bangunan tersebut.
Cermati bahan dan konstruksinya. Kusen pintu maupun jendelanya beserta daunnya harus kering dan tidak banyak cacat.Amati banyak dempul atau tidak.Banyak dempul berarti banyak cacat. Kayu yang basah, muai dan susutnya akan berdampak pada presisi kusen pintu dan jendela itu sendiri menjadi kurang bagus. Akibatnya pintu dan jendela sulit dibuka,kaca bisa pecah.
Yang tak kalah pentingnya lagi adalah atap.Ini adalah bagian yang sangat berpengaruh pada keamanan,kenyamanan,serta keindahan suatu bangunan. Perhatikan bahan kayunya sudah dilindungi bahan anti rayap.Konstruksinya apakah memenuhi syarat.Perhatikan mulai dari kuda-kuda,nok ,gording,usuk.reng dan genting apakah pemasangannya sudah benar? Fungsi atap , selain menahan hujan dan terik matahari, juga menahan terhadap tekanan angin.Kecorobohan pekerjaan ini akan berdampak pada rusaknya atap.Atap akan melengkung.bocor,dan sangat berbahaya terhadap keamanan penghuninya.Perhatikan pula instalasi saluran air kotor maupun air bersih,apakah berfungsi dengan baik?Disamping itu apakah pemasangannya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dikontrol? Ini penting,karena apabila rumah sudah kita tempati,kita tidak mungkin sedikit-sedikit panggil tukang.Dengan instalasi yang mudah terkontrol ,memudahkan kita untuk mengatasi sendiri bila ada masalah.Akan lebih baik lagi kepada developer kita minta gambar instalasi.Baik itu instalasi air kotor ( termasuk juga denah letak septitank dan resapan ),instalasi air bersih, instalasi listrik.Memang sebaiknya kita punya arsip data fisik bangunan rumah kita. Sewaktu waktu pasti kita membutuhkan data tersebut.
Terakhir, tak kalah pentingnya adalah dokumen kelengkapan surat-surat.Untuk pembeli rumah baru dikomplek perumahan,masalah surat-surat penting bukan hal yang sulit,apalagi pengembangnya bonafit.Namun untuk anda yang membeli rumah bekas,kecermatan mengamati dokumen yang ada hubungannya dengan rumah tersebut harus lebih akurat.Yang paling utama adalah sertifikat.Tapi inipun harus di cek keabsahannya ke Dinas Pertanahan setempat.Kita harus tahu kemungkinan rumah itu dalam sengketa,baik sengketa dengan keluarga atau dengan pihak-pihak lain.Juga kemungkinan rumah tersebut sedang disewakan atau ikatan kontrak dengan pihak lain.Kita tidak bisa memutuskan secara sepihak.Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan,pelunasan rekening listrik,air,telepon dan lain-lain harus kita cermati sebelum kita membuat Akte Jual Beli dan Balik Nama ke Notaris atau Pejabat Pembuat Akte Tanah setempat.Dengan memahami ini semua,kita bisa tenang dan nyaman,dan betah tinggal dirumah yang baru.

Baiklah,hal-hal yang menyangkut masalah teknis, sampai artikel ini memang belum saya bahas.Kalaupun ada bahasan,hanya sekilas saja..Namun ,paling tidak pengetahuan ini bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum menentukan pilihan.Bagi yang ingin membangun rumah sendiri ,pada artikel saya mendatang akan saya sampaikan seluk beluk membangun rumah.

0 komentar:

Kenalkan Blog Anda Keseluruh Dunia Disini